You are here
Home > Internasional > Timnas Spanyol Tunjuk Luis Enrique Sebagai Pelatih

Timnas Spanyol Tunjuk Luis Enrique Sebagai Pelatih

luis enrique

1XGoal.com – Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) mengumumkan pelatih baru tim nasional Spanyol untuk melanjutkan tugas yang sebelumnya diemban Fernando Hierro. Adalah Luis Enrique, pelatih yang musim lalu rehat sejenak dari dunia kepelatihan setelah hengkang dari Barcelona.

Dalam beberapa pekan terakhir, nama Enrique memang dijagokan menjadi pelatih anyar timnas Spanyol setelah mengalami intrik jelang dimulainya Piala Dunia 2018 lalu. Terlebih Hierro memutuskan untuk tidak meneruskan tugasnya sebagai arsitek La Furia Roja. Kabar ini pun tidak menjadi kejutan lagi bagi publik Spanyol.

Sebelum direkrut oleh timnas Spanyol, Enrique tidak terikat kontrak dengan klub manapun. Namun RFEF menunjuk Enrique bukan berdasarkan pada hal tersebut saja, tetapi juga karena Enrique merupakan sosok pelatih hebat degan segudang prestasi.

Pria berumur 48 tahun itu pernah meraih dua gelar La Liga bersama Barca di musim 2014/15 dan 2015/16. Ia bahkan sukses membawa Blaugrana meraih treble winners di musim 2014/15. Alhasil, kerja kerasnya itu diganjar oleh penghargaan pelatih terbaik FIFA tahun 2015.

Untuk urusan melatih tim nasional, Enrique memang belum punya pengalaman. Tetapi Enrique merupakan mantan pemain timnas yang memiliki 62 caps. Sepanjang berseragam La Furia Roja, Enrique juga termasuk menjadi pemain andalan dengan koleksi 12 gol.

Soal Piala Dunia, mantan pelatih AS Roma juga pernah tampil di tiga edisi yakni Piala Dunia 1994, 1998 dan 2002. Sedangkan pencapaian terbaiknya bersama timnas adalah saat berhasil merebut medali emas Olimpiade 1992.

Terpilihnya Enrique sebagai arsitek anyar diharapkan bisa mengembalikan keperkasaan timnas Spanyol, yang pernah mendominasi sepakbola dunia dan Eropa dengan tiki-taka pada tahun 2008-2012.

Judi online
Artikel Lainnya
Top