You are here
Home > Liga Spanyol > Gol Messi Tidak Disahkan, Busquest: La Liga Butuh Teknologi Terbaik

Gol Messi Tidak Disahkan, Busquest: La Liga Butuh Teknologi Terbaik

lionel messi

Gelandang Barcelona, Sergio Busquets mengungkapkan pentingnya penerapan teknologi dalam sepakbola untuk membantu wasit dalam mengambil sebuah keputusan. Hal ini ia lontarkan setelah gol Lionel Messi saat Barcelona menjalani laga akhir pekan kemarin tidak disahkan, padahal bola sudah sepenuhnya melewati garis gawang.

Bertandang ke markas Valencia, Senin (27/11/2017) dini hari WIB, Messi dan kawan-kawan harus puas berbagi angka setelah ditahan imbang tim tuan rumah dengan skor 1-1. Adapun peristiwa gol yang tidak disahkan terjadi pada pertengahan babak pertama.

Peristiwa tersebut bermula saat tendangan Messi dari luar kotak penalti coba ditangkap oleh kiper Valencia, Neto. Akan tetapi, bola justru terlepas dari tangkapan Neto dan memantul melewati sela-sela kakinya serta menuju ke gawang, sebelum akhirnya Neto menghalau bola tersebut keluar. Berdasarkan tayangan ulang, terlihat jelas bahwa bola yang memantul itu telah melewati garis gawang sepenuhnya, namun wasit dan asisten wasit tidak melihatnya sebagai gol.

Busquest lantas menegaskan bahwa kejadian seperti itu tidak akan terjadi andai saja La Liga telah menerapkan penggunaan Video Assistant Referee (VAR) musim ini. Akan tetapi, pada kenyataannya La Liga baru akan menggunakan teknologi video pembantu wasit tersebut pada musim 2018/2019 mendatang.

“Wasit dan asisten wasit tidak melihat bahwa bola itu telah melewati garis gawang,” ujar Busquets di Sport.

agen bola terpercaya

“Memang tidak semua hal bisa dilakukan oleh VAR, namun setidaknya itu akan membantu hal-hal seperti yang terjadi pada hari ini. Di sebuah liga terbaik dengan para pemain terbaik dunia, seperti La Liga, dibutuhkan juga teknologi terbaik untuk mendukungnya,” imbuh Busquest.

Artikel Lainnya
Top