You are here
Home > Liga Uefa Europa > MU Hentikan Dominasi Klub Spanyol di Kompetisi Eropa

MU Hentikan Dominasi Klub Spanyol di Kompetisi Eropa

manchester united

Manchester United keluar sebagai juara Liga Europa 2016/17, yang sekaligus memutus dominasi klub-klub Spanyol di kompetisi Eropa dalam beberapa tahun terakhir.

MU menjadi juara setelah menaklukkan AFC Ajax dengan skor 2-0 di Friends Arena, Stockholm, Kamis (25/5) dinihari WIB. Dua pemain yang menjadi pahlawan kemenangan MU ialah Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan.

Untuk MU, itu menjadi gelar Liga Europa pertama mereka dalam sejarah. Selama 40 tahun terakhir, mereka telah mengikuti ajang Liga Europa sebanyak sembilan kali. Gelar itu juga sekaligus mengakhiri puasa gelar kompetisi Eropa selama sembilan tahun, sesudah paling akhir merengkuh gelar juara Liga Champions di musim 2007/08.

Kesuksesan The Red Devils memenangkan Liga Europa juga menjadi tanda selesainya dominasi klub-klub asal Spanyol di kompetisi Eropa. Pasalnya, semenjak Bayern Munich menjadi juara di Liga Champions 2012/13, belum lagi ada klub luar Spanyol yang berjaya di Eropa.

Lihat saja dengan dominasi Real Madrid di Liga Champions, dengan dua kali menjadi juara di musim 2014 dan 2016, yang diselingi oleh Barcelona di tahun 2015. Bahkan dalam dua edisi final, terjadi All Spanish Final yang mempertemukan Real Madrid kontra Atletico Madrid.

Sama seperti di Liga Europa, sebelum MU jadi juara, Sevilla-lah yang menjadi raja dalam tiga edisi terakhir, sejak 2014-2016. Musim lalu Los Rojiblancos bahkan menaklukkan wakil Inggris, Liverpool.

agen bola terpercaya

Sebelum Sevilla, Liga Europa sebenarnya pernah dimenangi tim Inggris lainnya, yakni Chelsea pada tahun 2013 usai menaklukkan Benfica.

Tak dipungkiri, dominasi klub-klub Spanyol di Liga Champions dan Liga Europa juga berimbas pada juara Piala Super Eropa dalam tiga tahun belakangan ini.

Sesudah Liga Europa tidak lagi dijuarai oleh klub Spanyol, saat ini tinggal menunggu apakah Real Madrid mampu menyelamatkan reputasi sepakbola Spanyol di final Liga Champions kontra Juventus, pada 4 Juni dinihari WIB.

Artikel Lainnya
Top