You are here
Home > Liga Indonesia > 18 Wasit Bermasalah Diistirahatkan PSSI

18 Wasit Bermasalah Diistirahatkan PSSI

wasit

PSSI telah menindak tegas beberapa wasit yang dianggap bermasalah di ajang Liga 1 dan Liga 2. Secara keseluruhan ada 18 wasit yang dinonaktifkan sementara. Secara rinci, ada delapan wasit dan 10 asisten wasit.

Langkah tegas tersebut diambil oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) setelah kedua pihak melakukan evaluasi bersama terkait dengan pelaksanaan liga, yang berlangsung di Kantor PSSI, Senin (15/5) lalu.

“Mereka akan diistirahatkan untuk sementara sejak keputusan itu turun sampai kurun waktu yang telah ditetapkan oleh Komite Wasit,” papar Plt Sekjen PSSI Joko Driyono.

“Hukuman tersebut dijatuhkan berdasar kinerja mereka di lapangan, yang selama ini terpantau. Tujuan dari PSSI adalah agar integritas kompetisi dan wasit tetap terjaga,” imbuhnya.

Di luar banyaknya protes para kontestan liga terhadap buruknya kinerja wasit, PSSI mengira kalau sisa wasit yang ada saat ini masih cukup untuk menjalankan laga-laga berikutnya.

agen bola terpercaya

Sampai dengan hari Senin lalu, telah ada 17 protes dari kontestan Liga 1 dan Liga 2 terkait kinerja wasit. Sementara itu mengenai perangkat pertandingan yang dinonaktifkan untuk sementara waktu, PSSI akan menugaskan perangkat pertandingan lain yang sudah melakukan penyegaran liga.

Adapun protes terakhir yang dilayangkan oleh tim dari Liga 1 adalah saat PSM melawat ke markas PS TNI. Saat itu, pelatih PSM, Robert Rene Alberts, menyayangkan keputusan wasit Handri Kristanto, yang dikira tidak mengikuti law of the game pada pertandingan Senin malam WIB. Hal itu pula yang dianggap Robert menyebabkan timnya kalah 1-2 dari tim tuan rumah.

Artikel Lainnya
Top