You are here
Home > LIga Uefa Champion > Langkah RB Leipzig ke Liga Champions Terganjal Regulasi UEFA

Langkah RB Leipzig ke Liga Champions Terganjal Regulasi UEFA

rb leipzig

Tim debutan di Bundesliga, RB Leipzig, secara mengejutkan telah memastikan satu tempat di Liga Champions musim depan. Akan tetapi, langkah Leipzig menuju kompetisi antarklub paling bergengsi di Eropa itu masih terganjal regulasi FIFA.

Sebelumnya, Lepizig memastikan satu tiket ke Liga Champions usai menuai kemenangan telak atas SC Freiburg dengan hasil akhir 4-0. Hasil itu sekaligus mengukuhkan mereka di urutan kedua papan klasemen dengan meraih 61 angka dari 29 laga.

Dengan cuma ada lima pertandingan yang tersisa, RB Leipzig pun dipastikan bakal menyelesaikan musim debut mereka di Bundesliga setidaknya di peringkat empat besar. Itu artinya, tiket Liga Champions musim depan sudah dalam genggaman.

Namun partisipasi tim yang baru lahir pada tahun 2009 itu di Liga Champions masihlah abu-abu. Penyebabnya adalah tim itu tidak mematuhi regulasi UEFA berkaitan status kepemilikan. Pemilik tim RB Leipzig ini adalah perusahaan minuman dari Austria, Red Bull, yang mana juga berstatus sebagai pemilik klub RB Salzburg. Di satu sisi, tim asal Austria itu juga berpeluang masuk ke Liga Champions musim depan.

Walau Red Bull menegaskan kalau dua klub tersebut merupakan organisasi yang berbeda, akan tetapi UEFA menilai kalau kedua tim ini tetap mempunyai keterkaitan yang sangat jelas. Dari regulasi UEFA, ditetapkan kalau tidak boleh ada dua klub, yang dikelola oleh satu sponsor, organisasi atau individu yang sama, bertanding di satu kompetisi Eropa.

Anehnya lagi, RB Leipzig dan RB Salzburg ini juga punya jersey dan logo yang mirip. Kekacauan kecil pernah berlangsung di babak kualifikasi Liga Champions musim lalu. Saat itu penggawa RB Salzburg, Andreas Ulmer, masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Tapi ia justru memakai jersey milik RB Leipzig. Tumpang tindih jabatan juga berlangsung di kedua tim ini. Direktur olahraga RB Leipzig, Ralf Rangnick, sampai saat ini juga masih merangkap jabatan yang sama di RB Salzburg.

Artikel Lainnya
Top