You are here
Home > Liga Indonesia > Kata Legenda Persib Soal Rivalitas dengan PSMS

Kata Legenda Persib Soal Rivalitas dengan PSMS

psms vs persib

Duel klasik yang mermpertemukan Persib Bandung kontra PSMS Medan bakal bergulir di Stadion Teladan, Minggu (26/3) besok. Kedua tim ini sudah cukup lama tak lagi bersua pasca terjadi dualisme liga di Indonesia pada musim 2011/12 lalu. PSMS saat itu sampai mengalami penurunan prestasi yang sangat mencolok.

Akan tetapi jauh sebelum itu, pertemuan antara Persib dan PSMS ini selalu berjalan dalam tensi yang tinggi di masa perserikatan silam. Pertemuan kedua tim bahkan disebut-sebut sebagai El Clasico di era perserikatan. Pertarungannya lebih sengit ketimbang laga Persib vs Persija.

Legenda Persib, Yudi Guntara, mengungkapkan kisah perseteruan kedua tim di masa lalu. Menurut mantan pemain tengah Maung bandung itu, tensi tinggi pertama kali berlangsung di final perserikatan tahun 1985.

“Rivalitas kedua tim awalnya hanya saya dengar dari pemain senior di Persib saja. PSMS adalah musuh bebuyutan. Kami unggul dari sisi teknik, namun mereka unggul soal mentalitas,” ujar Yudi.

“Pada final perserikatan 1985, saya belum ikut bermain. Persib saat itu dalam posisi tertinggal 0-2. Kemudian dapat membuat kedudukan menjadi 2-2 hingga berujung adu penalti. Kami akhirnya kalah di situ. PSMS memang dulu dikenal dengan permainan yang keras,” sambungnya.

Yudi juga mengungkap kalau tensi rivalitas kedua tim semakin memanas setelah laga final itu. Walau demikian, di luar lapangan kedua tim ini sangatlah akur. Pada tahun 1991, Yudi baru bergabung dengan Persib. Namun, rivalitas dengan PSMS sudah tidak terlalu tinggi seperti beberapa tahun sebelumnya. Sebab, kekuatan tim asal Medan itu mulai menurun. Disusul dengan semakin kuatnya tim-tim seperti Persebaya dan PSM.

Artikel Lainnya
Top