You are here
Home > Liga Inggris > Rasio Poin Terbaik MU Setelah Era Ferguson

Rasio Poin Terbaik MU Setelah Era Ferguson

jose mourinho

Usaha Manchester United untuk menembus zona Liga Champions di klasemen Premier League musim ini menemui yang jalan terjal. Beberapa kali peluang itu terbuka, tapi beberapa kali juga United justru tersandung.

Alhasil, sejak pekan ke-13 Premier League, Manchester United masih belum beranjak dari posisi keenam klasemen sementara. Walaupun secara statistik, penampilan The Red Devils sebenarnya tidak jelek-jelek amat. Itu dapat dilihat dari catatan kekalahan terakhir tim asuhan Jose Mourinho, yang terjadi pada 23 Oktober 2016 lalu.

Ketika itu MU dibungkam 4-0 oleh Chelsea. Tapi pada 17 pertandingan setelahnya di Premier League, MU belum pernah lagi menelan kekalahan. Sayangnya, dari rangkaian 17 laga tanpa merasakan kalah itu, sembilan di antaranya berakhir imbang. Harapan memang masih belum musnah. Jarak mereka dengan peringkat empat, yang ditempati Liverpool hanyalah tiga poin.

Kendati demikian, di balik segala kekurangan MU di musim ini, tetap ada hal positif yang bisa dipetik. Musim ini menjadi musim terbaik yang dilewati MU selepas pensiunnya sang manajer legendaris, Sir Alex Ferguson.

Jika dibandingkan dengan tiga musim sebelumnya, Jose Mourinho berhasil membawa MU meraih rata-rata poin per partai yang cukup tinggi. Di musim 2016/17 ini, MU mempunyai rata-rata poin 1,88. Catatan itu mengalahkan rekor Louis van Gaal di musim 2014/15 dengan 1,84, yang mana United mampu menembus posisi empat besar di akhir musim tersebut.

Ditambah lagi, musim ini Manchester United sudah meraih dua trofi, yakni Community Shield dan Piala Liga Inggris. Saat ini tinggal bagaimana sang manajer, The Special One menerjemahkan situasi timnya untuk meraih prestasi maksimal di sisa musim ini.

Paling tidak, jika gagal mencapai zona Liga Champions di klasemen Premier League, MU harus menjuarai ajang Liga Europa untuk mendapat tiket langsung ke kompetisi tertinggi antarklub Eropa itu.

Artikel Lainnya
Top