You are here
Home > LIga Uefa Champion > Taktik Unai Emery ‘Bunuh’ Pergerakan Lionel Messi

Taktik Unai Emery ‘Bunuh’ Pergerakan Lionel Messi

lionel messi

Tidak ada keajaiban yang dilakukan Lionel Messi untuk Barcelona saat bertandang ke Parc de Princes. Mega bintang El Barca itu tidak bisa berbuat banyak saat timnya dihabisi tim tuan rumah, Paris Saint-Germain.

Messi awalnya dicemaskan oleh pihak PSG akan jadi momok menakutkan. Bukanlah tanpa ada alasan, sebab bintang timnas Argentina itu memang mempunyai catatan cemerlang setiap bertemu tim yang ditangani oleh pelatih Unai Emery. La Pulga tercatat telah 25 kali menjebol gawang pasukan Emery dalam 21 laga terakhir.

Namun, pada laga kali ini taktik Emery sukses membunuh agresivitas Messi. La Pulga pun seolah melalui malam yang sangat buruk. Selain tak bisa berkontribusi banyak, timnya dilumat habis 4-0 oleh PSG dan memikul beban berat jelang menghadapi leg kedua yang akan berlangsung di Camp Nou awal bulan depan.

Kekalahan 4-0 yang ditelan Barca pada Rabu (15/2) dinihari WIB membuat mereka harus menang setidaknya 5-0 atau 7-1 di Camp Nou. Jelas, itu bukan tugas yang sepele, mengingat lawan mereka adalah PSG. Klub bertabur bintang yang juga ditangani pelatih sekaliber Emery.

Dalam pertandingan semalam, Barca terlihat sekali sangat kewalahan meladeni permainan PSG dengan pressing ketat. Pasukan Luis Enrique bahkan kesusahan meningkatkan permainan dan membuat peluang. Tercatat, hanya ada satu shot on target yang dibuat Lionel Messi dkk.

Tentunya, pemain yang paling menjadi sorotan adalah sang mega bintang. Messi yang umumnya mampu merepotkan lini belakang lawan sama sekali tidak terlihat di Parc des Princes. Demikian sebaliknya, penggawa dari Argentina itu malah dibuat mati kutu oleh Les Parisiens.

Catatan statistik membuktikan minimnya peran La Pulga bagi Barca dalam pertandingan itu. Sepanjang berada di atas lapangan, Messi cuma melepas satu tendangan, itupun tidak tepat ke gawang yang dikawal Kevin Trapp.

Sialnya, Messi juga sekalipun tak pernah menyentuh bola di dalam kotak penalti PSG. Opta mencatat kalau ini menjadi kali pertama Messi tak bisa menyentuh bola di kotak penalti lawan dalam pertandingan Liga Champions musim ini.

Pada kesempatan ini, Lionel Messi sudah tidak lagi menjadi momok menakutkan untuk sosok Unai Emery.

Artikel Lainnya
Top