You are here
Home > Internasional > UEFA Minta Jatah 16 Tim di Piala Dunia 2026

UEFA Minta Jatah 16 Tim di Piala Dunia 2026

piala dunia 2026

Sembilan tahun dari sekarang, jumlah kontestan Piala Dunia bakal bertambah. Berkaitan penambahan kuota itu, UEFA menilai Eropa layak memperoleh jatah lebih banyak perwakilan, yakni sejumlah 16 klub di Piala Dunia 2026 mendatang.

Jumlah kontestan putaran final Piala Dunia memang direncanakan bakal mengalami penambahan, dari yang tadinya hanya 32 tim, menjadi 48 tim. Peraturan itu pun bakal berlaku di ajang Piala Dunia 2026.

Dengan menambahnya jumlah kontestan, otomatis jatah bagi masing-masing konfederasi juga semakin banyak. Namun, detil berkaitan berapa banyak jatah untuk setiap konfederasi masih belum ditetapkan oleh FIFA.

Menjadi kiblat sepakbola dunia, Benua Eropa memang memperoleh jatah paling banyak di setiap gelaran Piala Dunia. Di Piala 2010 dan 2014 misalnya, total 13 tim dari Eropa turut serta di putaran final.

Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, mengharapkan kalau konfederasinya bisa diwakili paling tidak 16 negara di Piala Dunia 2026, begitu pula di edisi selanjutnya. Di luar itu, Ceferin juga memohon supaya dari total 16 wakil UEFA itu diletakkan di grup yang berbeda-beda.

“Kita mesti berpikir realistis saja. Kami bisa saja mendorong hal itu, serta kalah juga soal pengambilan suara, namun kami kira realistis jika kami memohon 16 tempat, plus situasi lain yang bisa membuat setiap klub Eropa tidak berada di grup yang sama,” ujar Ceferin.

“Kemudian, kalau memanglah kami bisa bermain bagus dan kami punya kualitas, saya kira 16 tim itu dapat lolos semua ke babak berikutnya,” imbuh Caferin.

Artikel Lainnya
Top