You are here
Home > Liga Inggris > Kapan Rivalitas Klopp dan Guardiola Bermula?

Kapan Rivalitas Klopp dan Guardiola Bermula?

jurgen klopp

Dua pelatih top Premier League, Jurgen Klopp dan Pep Guardiola akan bertemu dalam lanjutan pekan ke-19, Sabtu (31/12), pada laga yang mempertemukan Liverpool dan Manchester City. Kali ini, tim asuhan Klopp akan terlebih dahulu menjadi tuan rumah.

Kedua manajer ini sebenarnya sudah pernah bertemu, tapi bukan di Premier League. Ya, Klopp dan Guardiola punya cerita rivalitas yang panas saat keduanya masih sama-sama berkarier di Jerman. Klopp bersama Borussia Dortmund dan Guardiola menukangi Bayern Munich.

Sebagai pelatih dari dua tim terbesar di Jerman, sering terjadi suasana panas antara keduanya. Akan tetapi, satu hal yang paling menimbulkan masalah antara Klopp dan Guardiola adalah saat Mario Gotze memutuskan untuk hijrah dari Dortmund ke Bayern.

Pemain yang satu ini disebut-sebut sebagai akar perselisihan keduanya, karena ketidakrelaan Klopp. Pemain yang menjadi pahlawan kemenangan Jerman di final Piala Dunia 2014 ini sebenarnya menjadi salah satu pemain andalan Jurgen Klopp di Borussia Dortmund.

Saat itu pada April 2013, Borussia Dortmund akan menghadapi Real Madrid di fase semi final Liga Champions. Sehari sebelum laga itu, Klopp memantik atensi. Hal tersebut diawali dengan kabar dari harian Bild yang mengungkapkan kalau Gotze akan berpindah tim di tahun itu.

Saat itu padahal Klopp sama sekali tidak tahu mengenai kabar transfer sang pemain. Terlebih, Klopp masih memasukkan Gotze dalam rencana jangka panjangnya di tim. Klopp pun sempat menunjukkan reaksi negatif. Sampai-sampai ia menyebutkan Gotze, yang telah dididiknya sejak remaja, telah dicuri.

Namun, pada akhirnya Klopp merelakan kepergian Gotze ke Bayern Munich. Tak lama kemudian, Pep Guardiola masuk sebagai pelatih anyar Bayern saat itu. Klopp pun langsung tahu siapa orang yang ada di belakang kepindahan Gotze saat itu.

Artikel Lainnya
Top