You are here
Home > Liga Inggris > Claudio Ranieri Pelatih Olahraga Terbaik Inggris 2016

Claudio Ranieri Pelatih Olahraga Terbaik Inggris 2016

claudio ranieri

Claudio Ranieri dinobatkan sebagai pelatih olahraga terbaik di Inggris untuk tahun 2016. Penghargaan tersebut diberikan oleh BBC Sports menyusul prestasi luar biasa yang diraih manajer Leicester City itu dengan menjadi juara Premier League musim lalu.

Bersama Claudio Ranieri, The Foxes musim lalu menjadi salah satu tim yang ditakuti, bahkan oleh tim-tim besar. Sepanjang musim, Jamie Vardy dkk hanya merasakan tiga kekalahan. Catatan itu pun memaksa tim-tim unggulan merelakan gelar juara untuk Leicester City.

Gelar tersebut menjadi yang pertama bagi The Foxes sepanjang sejarah tim dan kompetisi. Penghargaan ini juga menjadi torehan manis tersendiri bagi Claudio Ranieri. Ia merupakan orang ketiga asal Italia yang sukses dianugerahi penghargaan tersebut. Sebelumnya pernah ada Enzo Calzaghe dari olahraga tinju di tahun 2007 dan Fabio Capello di tahun 2009.

Sebagai informasi, BBC Sports Personality of the Year Coach Award ini rutin dilakukan setiap tahun untuk memberi apresiasi terhadap para pelatih olahraga yang punya kontribusi besar untuk olahraga di Inggris.

Pertama kali penghargaan ini diadakan adalah pada tahun 1999 silam. Adapun pelatih pertama meraih penghargaan tersebut adalah Sir Alex Ferguson sebagai manajer Manchester United. Sejak 25 tahun itu sudah ada tujuh pelatih sepakbola yang berhasil dinobatkan sebagai yang terbaik di Inggris.

Adapun satu-satunya pelatih sepakbola yang dua kali mendapat penghargaan itu adalah Arsene Wenger, yakni di tahun 2002 dan 2004.

Artikel Lainnya
Top