You are here
Home > Internasional > Format Baru Piala AFF 2018, Semakin Banyak Pertandingan

Format Baru Piala AFF 2018, Semakin Banyak Pertandingan

piala aff 2018

Rencananya format turnamen sepakbola antar Negara di Asia Tenggara itu akan diubah. Bagaimana wujud format baru itu akan diumumkan beberapa waktu yang akan datang.  Format baru tersebut akan diterapkan dalam gelaran Piala AFF 2018 mendatang. Sebenarnya, format baru tersebut sudah digodok sejak maret 2016 lalu.

Menurut kabar, nantinya piala AFF akan membuka kesempatan kepada negara manapun untuk menjadi tuan rumah. Turnamen antar negara Asia Tenggara itu akan memakai sistem Home-Away dari mulai penyisihan grup hingga babak puncak.

Selain itu, dari sebelas total Negara Asia Tenggara, nantinya bakal dibuka 10 tempat dalam turnamen ini. Sembilan negara teratas langusung lolos ke putaran final. Lalu, negara dengan peringkat terbawah Asia Tenggara akan melakoni laga Play-off untuk memperebutkan sisa tempat di Piala AFF. Dari kesepuluh negara tadi, selanjutnya akan dibagi menjadi dua grup, artinya setiap grup terdapat lima negara.  Dua negara terbaik di masing-masing grup akan lolos ke babak empat besar.

Dengan format baru ini, total pertandingan menjadi 40 di fase grup, ditambah dengan 6 pertandingan di babak empat besar hingga final. Melihat jumlah pertandingan yang meningkat drastis dari 18 menjadi 46, hal itu akan berpengaruh pada cakupan suporter yang lebih luas.

Selain itu, lebih banyak pertandingan digelar sebagai laga kandang, berarti lebih banyak laga yang akan ditayangkan di Televisi. Sehingga format baru ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan, ungkap seorang Managing Director sebuah pemasaran Olahraga.

Judi online
Artikel Lainnya
Top