You are here
Home > Internasional > Indonesia Gagal Bawa Pulang Trofi Piala AFF 2016

Indonesia Gagal Bawa Pulang Trofi Piala AFF 2016

final piala aff 2016

Akhirnya, gelaran Piala AFF Suzuki Cup 2016 telah usai. Indonesia kembali gagal meraih gelar juara Asia Tenggara untuk pertama kalinya. Tim asuhan Alfred Riedl harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Thailand dengan skor 2-0.

Sebelumnya, pada Leg pertama Indonesia mampu meraih kemenangan kontra tim tamu Thailand. Dalam laga yang dihelat di Stadion Pakansari, Cibinong tersebut Boaz Salossa dkk unggul 2-1 hingga peluit pertandingan berakhir. Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata menjadi pahlawan dalam pertandingan tersebut.

Tiga hari berselang, yaitu tanggal 17 Desember 2016, laga leg kedua berlangsung di Thailand, tepatnya di Stadion Rajamangala. Sejak peluit awal, Thailand mampu menguasai permainan dan terus menggempur gawang Kurnia Mega. Agregat saat itu masih unggul di pihak Indonesia dengan skor sementara 2-1. Namun tampaknya Indonesia belum mampu meladeni serangan Thailand yang betubi-tubi.

Berkat penampilan yang buruk, Indonesia pun harus kecolongan angka dari Thailand. Dua gol lesatan Sirod Chattong membawa Thailand unggul agregat 3-2. Sebenarnya, bisa saja keunggulan Thailand lebih besar. Namun, Teerasil Dangda gagal mengeksekusi hadiah penalti yang diberikan wasit asal Uni Emirat Arab.

Kekalahan Indonesia semakin lengkap dengan kelakuan buruk Abduh Lestaluhu menjelang pertandingan usai. Aksi provokatif yang dilakukannya membuahkan kartu merah untuk pemain asal Tulehu tersebut. Alhasil, ia pun harus diusir keluar tanpa hasil.

Dengan ini, Indonesia gagal memanfaatkan momentum kebangkitan pasca lepasnya sanksi FIFA. Hasil laga final ini memperpanjang rekor Indonesia yang belum pernah sekalipun menyentuh gelar juara. Sekaligus, semakin mengukuhkan Thailand sebagai pemegang gelar juara terbanyak dalam kompetisi tingkat Asia Tenggara ini.

Artikel Lainnya
Top