You are here
Home > Internasional > Timnas Indonesia Bisa Manfaatkan Kelengahan Pertahanan Vietnam

Timnas Indonesia Bisa Manfaatkan Kelengahan Pertahanan Vietnam

timnas indonesia

Penyerang legendaris Timnas Indonesia, Ilham Jayakesuma, melihat kalau Vietnam tidak mempunyai pertahanan yang terlalu istimewa. Hal itu berdasar pada apa yang dilihat Ilham pada pertandingan leg pertama yang berlangsung di Stadion Pekansari, Bogor, Sabtu (3/12).

Pada pertandingan tersebut, Tim Merah Putih sukses mencuri kemenangan 2-1 dan berpeluang besar untuk lolos ke final Piala AFF 2016. “Vietnam tidak mempunyai barisan pertahanan yang istimewa. Hal itu bisa dibuktikan dengan dua gol yang bisa dicetak Timnas Indonesia, meski salah satunya tercipta melalui titik putih,” ungkap Ilham.

Pencetak gol terbanyak di ajang Piala AFF 2004 itu justru mewanti-wanti supaya Boaz Solossa dkk mewaspadai pergerakan pemain Vietnam dari sisi sayap. “Sudah sejak lama mereka mempunyai pemain sayap yang baik. Kelebihan itu mereka pertahankan sampai sekarang, dan hal itulah yang mesti diwaspadai oleh Timnas Indonesia,” lanjutnya.

Akan tetapi, sesungguhnya kelebihan Vietnam ini juga bisa dimanfaatkan oleh tim asuhan Alfred Riedl sebagai satu titik lemah. Sebab, sektor sayap bisa digunakan para pemain sayap Indonesia untuk melangsngkan serangan balik cepat. Sebab, bek sayap Vietnam kerap melakukan overlap untuk membantu penyerangan. Begitu seperti dijelaskan mantan pemain Persita Tangerang itu.

Malam ini, Rabu (7/12) pukul 19.00 WIB, Timnas Indonesia akan kembali menghadapi Vietnam pada leg kedua yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi. Cukup dengan hasil seri, Tim Merah Putih bisa memastikan diri untuk lolos ke partai puncak. Sementara itu Vietnam butuh kemenangan minimal 1-0 untuk menang.

Artikel Lainnya
Top