You are here
Home > Internasional > Alfred Riedl Ingin Timnas Indonesia Hindari Adu Penalti

Alfred Riedl Ingin Timnas Indonesia Hindari Adu Penalti

alfred riedl

Alfred Riedl berharap tidak akan terjadi adu penalti saat Timnas Indonesia melayani Vietnam di pertemuan kedua babak semi final Piala AFF 2016, yang akan berlangsung di Stadion My Dinh, Rabu (7/12) malam WIB. Riedl mengungkapkan hal tersebut pada sesi jumpa pers, Selasa (6/12).

Kemenangan tipis 1-2 Tim Garuda atas Vietnam saat bertanding di Stadion Pekansari, akhir pekan kemarin memang membuat peluang terjadinya adu penalti terbuka lebar. Situasi ini bisa terjadi apabila Vietnam bisa mengalahkan Indonesia dengan skor yang sama saat bermain di Hanoi besok.

Bagi Riedl, adu penalti merupakan permasalahan mental. Ia enggan mengatakan lebih banyak mengenai langkah antisipiasi yang akan dilakukannya apabila terjadi adu penalti. Riedl menegaskan kalau latihan penalti tidak akan terlalu berpengaruh besar dalam situasi adu penalti. Sebab, tekanan yang datang dari para penonton di belakang gawang akan membuat kondisi mental sangat berbeda.

Kalau saja Indonesia memang harus kalah di Hanoi dengan skor yang sama dan harus menjalani adu penalti, sebenarnya Riedl tidak perlu merasa cemas. Sebab, Indonesia punya beberapa eksekutor yang bisa dipercaya, seperti sang kapten Boaz Solossa, Andik Vermansah, Ferdinand Sinaga, atau Zulham Zamrun. Ada pula gelandang Stefano Lilipaly yang punya akurasi tendangan yang bagus.

Namun demikian, bukan kemampuan menendang yang akan berpengaruh dalam babak tos-tosan dalam pertandingan sepenting ini. Alfred Riedl tetap menekankan faktor mental adalah yang paling penting.

Artikel Lainnya
Top