You are here
Home > Liga Jerman > Asal Mula Der Bomber dari Jerman, Gerd Muller

Asal Mula Der Bomber dari Jerman, Gerd Muller

1xGoal – Miroslav Klose telah memutuskan untuk pensiun dari Timnas Jerman seusai Piala Dunia 2014, Die Manschaft –julukan Timnas Jerman– tak lagi memiliki penyerang tengah bertaraf dunia. Mario Gomez yang telah dipercaya mengisi posisi pengganti Klose gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Sementara itu Thomas Muller yang didorong bermain sebagai penyerang tengah juga tampil buruk bersama Timnas Jerman di Piala Eropa 2016. Dari enam penampilan di Piala Eropa 2016, Muller tidak mencetak satu gol pun.

Namun, seiring tumpulnya barisan depan Jerman saat ini, negara yang berada di kawasan Eropa Barat tersebut nyatanya sempat memiliki penyerang tajam, tepatnya di dekade 1970-an. Sosok yang dimaksud ialah Gerhard Muller, atau biasa disebut Gerd Muller.

Sepanjang kariernya, Gerd Muller dikenal sebagai penyerang yang tajam. Selama membela Bayern Munich, Muller mencatatkan 533 penampilan. Hebatnya, pesepakbola yang hari ini tepat berusia 71 tahun telah sukses mencetak 473 gol!

Beragam penghargaan pencetak gol terbanyak pernah disandangnya. Sebut saja tujuh kali top scorer Liga Jerman, empat kali pencetak gol terbanyak di Piala Champions –sekarang Liga Champions, top skor Piala Dunia 1970 dan Piala Eropa 1972. Karena itu tak heran Gerd Muller mendapat julukan Der Bomber alias penyerang yang tajam.

Bahkan di Piala Dunia 1970, Muller telah mengemas 10 gol hanya dari enam penampilan saja. Berselang empat tahun kemudian atau pada Piala Dunia 1974, Muller mengemas empat gol tambahan. Total 14 gol empat smembuat Muller tercatat sebagai top skor Piala Dunia sepanjang masa.

Namun, pada Piala Dunia 2006, rekor tersebut dilewati penyerang fenomenal asal Brasil yakni Ronaldo Luiz Nazario de Lima yang mengemas 15 gol. Namun, secara rasio Muller lebih unggul ketimbang Ronaldo. Sebab, Muller hanya tampil di dua Piala Dunia (1970 dan 1974). Sementara Ronaldo berlaga di empat Piala Dunia (1994, 1998, 2002 dan 2006).

Akan tetapi, Muller boleh berbangga karena kini top skor Piala Dunia sepanjang masa kembali jatuh ke tangan orang Jerman. Sosok itu yang disebutkan di atas yakni Klose dengan raihan 16 gol.

Artikel Lainnya
Top