You are here
Home > Internasional > Timnas Thailand Punya Pemain Termahal Se-Asia Tenggara?

Timnas Thailand Punya Pemain Termahal Se-Asia Tenggara?

Tanaboon Kesarat

Timnas Thailand tengah melakoni persiapan untuk menghadapi pertandingan kelima di babak kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Australia dan untuk menghadpai Piala AFF 2016. Namun satu kabar yang cukup mencengangkan adalah adanya seorang pemain timnas Thailand, yang diklaim sebagai pemain termahal Se-Asia Tenggara.

Ia merupakan Tanaboon Kesarat, yang berhasil memecahkan rekor transfer pemain di musim 2017. Pemain berusia 23 tahun itu dibeli oleh tim Liga Thailand, Chiang Rai United, dari SCG Muang Thong United dengan harga 50 juta baht (Rp 18,7 miliar).

Angka itu termasuk fantastis untuk pemain-pemain di Asia Tenggara. Tak heran jika Kesarat pun langsung menjadi perbincangan. Nilai transfer itu juga memecahkan rekor yang dipegang oleh Theerathon Bunmathan dengan mahar 30 juta baht (Rp 11,2 miliar) pada saat hijrah dari Buriram United ke Muang Thong United, Juni 2016 lalu.
agen bola terpercaya
Pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, pun bicara masalah ramainya transfer pemain dengan nilai yang besar di Liga Thailand (Thai League). Menurut sang pelatih hal itu sudah mulai menjadi kebiasaan di dunia sepakbola akhir-akhir ini, tak terkecuali di Liga Thailand.

Bahkan seorang pemain timnas biasanya dimahari sebesar 30-50 juta baht, sedangkan pemain non-timnas nilainya hanya berkisar 1-2 baht saja. Namun, beban yang ditujukan kepada sang pemain juga semakin besar. Pemain dengan harga mahal itu tentunya harus menunjukkan kapasitasnya dan membuktikan kalau ia layak dihargai semahal itu.

“Dia (Theerathon Bunmathan) adalah pemain termahal, serta publik selalu menantikan hal yang istimewa darinya. Dengan nilai sebesar itu, dia tentunya tidak akan jadi penghuni bangku pengganti, dan ia mesti bermain apik di tiap pertandingan,” ucap Kiatisuk.

Artikel Lainnya
Top