You are here
Home > Internasional > Ronaldinho Umumkan Segera Pensiun Sebagai Pesepakbola

Ronaldinho Umumkan Segera Pensiun Sebagai Pesepakbola

ronaldinho

Mantan pemain Barcelona, Ronaldinho, merencanakan selekasnya untuk gantung sepatu dari dunia sepakbola, begitu musim ini berakhir. Legenda sepakbola Brasil itu mengakui masa-masa keemasannya saat masih bermain untuk El Barca telah selesai.

Nama Ronaldo de Assís Moreira alias Ronaldinho beranjak populer saat berkarier bersama tim asal Brasil, Gremio. Ronaldinho lalu dibeli Paris Saint-Germain pada musim 2001-2002. Berbarengan PSG, penampilan Ronaldinho semakin cemerlang.

“Saat ini saya telah berusia 36 tahun dan tentunya saya tidak lagi seperti saat masih berusia 26 tahun dulu. Saya pun sudah membuat rencana, apa yang akan dikerjakan guna menyudahi menyudahi karier saya di dunia sepakbola,” tutur Ronaldinho.

Dua musim setelahnya, Barca yang pada saat itu sedang membangun era baru, sukses mendatangkan pemain hebat asal Brasil itu dengan banderol 32,25 juta euro atau setara Rp 472 miliar.

Bersama The Catalans, sinar kebintangan pemain asal Porto Alegre itu semakin terang. Ia sukses menghadirkan lima gelar untuk El Barca, termasuk satu trofi Liga Champions di musim 2005/06. Atas prestasinya itu, Ronaldinho memperoleh penghargaan FIFA Ballon d’Or dua kali secara beruntun pada 2004 dan 2005. Ia juga terpilih menjadi pemain terbaik EUFA di tahun 2005.

Selepas kariernya diwarnai beragam raihan prestasi bersama Blaugrana, perlahan-lahan performa Ronaldinho menurun. Pada akhirnya, ia terdepak dari skuad Barcelona pada musim 2008/09. Ronaldinho lalu ditampung tim Serie A, AC Milan sebelum pada akhirnya tidak lagi berkarier di Eropa.

Beberapa tim seperti Flamengo, Atletico Miniero, Queretaro, Fluminense, serta Cienciano, menjadi tim-tim terakhir di penghujung kariernya. Pastinya sosok yang satu ini akan selalu dirindukan para penggemar sepakbola.

Artikel Lainnya
Top