You are here
Home > Liga Inggris > Kontrak TV Membuat Premier League Semakin Glamor

Kontrak TV Membuat Premier League Semakin Glamor

sir alex ferguson

Sir Alex Ferguson baru-baru ini mengutarakan kalau besarnya nilai transfer dan gaji pemain-pemain di pada musim panas ini banyak dipengaruhi oleh besarnya nilai kontrak TV untuk Premier League. Nilai kontrak TV kasta tertinggi Liga Inggris itu meningkat tajam dari tahun lalu. Kabarnya Premier League mendapatkan kontrak baru dengan nilai 5 miliar poundsterling atau setara Rp 87,3 triliun.

“Adanya perjanjian baru dengan pihak TV yang telah disepakati tahun lalu, membuat nilai transfer serta gaji pemain mengalami peningkatan tajam, dan ini merupakan suatu hal yang tak dapat dihindari. Sudah pasti besaran gaji para pemain sesuai dengan tuntutan pada mereka untuk menghadirkan laga-laga paling baik di Premier League,” papar Ferguson saat dijumpai di suatu event perkumpulan komunitas manajer elit UEFA di Swiss belum lama ini.

Satu diantara tim dengan pengeluaran transfer dan gaji pemain paling besar di pertengahan tahun ini merupakan Manchester United. The Red Devils menggelontorkan dana besar demi mendatangkan Paul Pogba dari Juventus. Nilai transfernya mencapai 86 juta poundsterling (Rp 1,5 triliun). MU pun langsung memecahkan rekor transfer dunia. Di luar itu, MU juga mengeluarkan dana 220 ribu (Rp 3,8 miliar) poundsterling untuk menggaji Zlatan Ibrahimovic per minggu.

“Premier League menjadi tempat yang menarik bagi para manajer hebat dunia. Di sana terdapat beberapa nama besar seperti Jurgen Klopp, Jose Mourinho, Pep Guardiola, Claudio Ranieri, serta nama-nama yang lain,” tambahnya.

Menurut laporan yang diturunkan BBC hingga Rabu (31/8) lalu, jumlah dana yang telah dikeluarkan oleh tim-tim kontestan Premier League guna memperoleh suntikan tenaga baru pada deadline musim panas, yaitu meraih 1,05 juta poundsterling atau Rp 17,5 triliun. Jumlah ini ternyata lebih besar dibanding deadline musim panas tahun sebelumnya, yakni 870 juta poundsterling (Rp 15,1 triliun).

Artikel Lainnya
Top