You are here
Home > Liga Indonesia > Indonesia Masuk Grup Neraka di Piala AFF 2016

Indonesia Masuk Grup Neraka di Piala AFF 2016

piala aff 2016

Drawing grup Piala AFF 2016 baru saja berakhir. Indonesia masuk dalam grup neraka yang dihuni tim-tim kuat Asia Tenggara. Dari hasil undian tersebut, Tim Garuda bercokol di grup A bersama tim tuan rumah Filipina, Thailand dan Singapura. Bagi Indonesia, ini akan menjadi ujian berat, mengingat Piala AFF 2016 akan menjadi ajang comeback di turnamen internasional.

Kesempatan tim garapan Alfred Riedl untuk bisa maju ke fase empat besar nampaknya tidak terlalu besar. Pasalnya, lawan-lawan di grup A selalu menyusahkan Tim Merah Putih dalam beberapa tahun belakangan.

Penyisihan grup A bakal berlangsung di Filipina, yang ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Piala AFF berbarengan dengan Myanmar. Dari seluruh kontestan Piala AFF, Filipina merupakan tim dengan peringkat FIFA tertinggi, sedangkan Indonesia adalah yang paling rendah.

Sementara itu di grup B, tuan rumah Myanmar ditemani oleh Malaysia, Vietnam dan satu tim pemenang kualifikasi antara Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Timnas Indonesia pada saat ini masih melakukan seleksi pemain. Sejumlah 47 calon penggawa Tim Garuda yang ditunjuk dari 18 klub kontestan Indonesia Soccer Championship (ISC) A, dipanggil untuk mengikuti seleksi pada Agustus ini yang terbagi dalam dua kelompok.

Beberapa pemain yang dipanggil Alfred Riedl kebanyakan adalah pemain-pemain muda. Bahkan tak sedikit mantan pemain timnas U-19 bimbingan Indra Sjafri yang dipanggil. Sementara itu pemain-pemain berpengalaman seperti Hamka Hamzah, Cristian Gonzales, Firman Utina, M. Ridwan, hingga Raphael Maitimo, tidak dipanggil untuk seleksi lantaran faktor usia dan performa yang mulai menurun.

Dari kompetisi luar negeri, ada dua pemain asal Indonesia yang turut mengikuti seleksi, yakni Andik Vermansyah (Liga Malaysia) dan Irfan Bahdim (Liga Jepang).

Hasil Undian Piala AFF 2016

Grup A: Filipina, Thailand, Singapura, Indonesia

Grup B: Myanmar, Malaysia, Vietnam, (pemenang kualifikasi)

Artikel Lainnya
Top